Sunday, January 15, 2012

Penghargaan Allah Buat si Sakit



Dalam sebuah hadist qudsi disebutkan, dari Abu Hurairah Ra, ia berkata: Aku mendengar Kekasihku Rasulullah ShalallahuAlaihi Wassalam bersabda:” Sesungguhnya Allah SWT berfirman pada hari kiamat,” Wahai Anak Adam, Aku sakit namun engkau tidak menjengukKu. Aku lapar tapi engkau tidak memberiKu makan. Aku haus tapi engkau tidak memberiKu minum”.



Anak adam berkata,” Wahai Rabb, bagaimana aku menjengukMu sedangkan Engkau adalah Rabb semesta alam?”. Allah berfirman,” Bukankah engkau mengetahui bahwa hambaKu si fulan sakit namun engkau tidak menjenguknya? Tidakkah engkau tahu bahwa jika engkau menjenguknya, niscaya engkau akan mendapatiKU bersamanya ?”



Anak adam berkata,” wahai Rabb, bagaimana aku memberimu makan sedangkan Engkau adalah Rabb semesta alam?”. Allah berfirman,” Bukankah engkau mengetahui bahwa hambaKu si fulan ( pengemis ) meminta makan kepadamu namun engkau tidak memberinya makan? Tidakkah engkau tahu bahwa jika engkau memberinya makan, niscaya engkau mendapati pahalanya padaKU?”.



Anak adam berkata,” wahai Rabb, bagaimana aku memberimu minum sedangkan Engkau adalah Rabb semesta alam?”. Allah berfirman,” Bukankah engkau mengetahui bahwa hambaKu si fulan meminta minum kepadamu namun engkau tidak memberinya minum? Tidakkah engkau tahu bahwa jika engkau memberinya minum,niscaya engkau mendapati pahalanya padaKU ?” .( HR.Bukhari-Muslim dalam shahihnya ).



BAHASAN :



Imam Nawawi dalam kitab Syarh-nya menjelaskan tentang firman Allah tersebut:

“Para ulama berkata,’Allah menyandarkan sakit kepada diriNya, sedangkan maksudnya adalah sebagai penghormatan DIA kepada hamba yang sakit itu”.



Subhanallah..Allah memberi penghormatan kepada orang yang sakit. Adakah penghormatan yang lebih mulia dari penghormatan yg kita dapat selain dari Allah SWT..??



Imam Nawawi selanjutnya melanjutkan,’ Adapun lafal “Niscaya engkau mendapatiKU bersamanya”,maksudnya adalah: “ Kamu akan mendapatkan pahala dari kemuliaanKU. Yang menunjukkan akan hal itu adalah firmanNya di penghujunghadist “Tidakkah engkau tahu bahwa jika engkau menjenguknya, niscaya engkau mendapatiKU bersamanya?” maksudnya adalah pahala dariNya. Wallahualam..’.



Lalu, renungkanlah firman Allah kepada salah seorang hambaNya: “Aku sakit dan engkau tidak menjengukKU?”. Disini kita akan terheran. Allah menjadikan sakitnya seorang hamba seakan-akan Dia-lah yang (menderita) sakit. Hal itu tidak lain adalah suatu penghormatan kepada hambaNya yang sakit, dan merupakan bukti bahwa Allah adalah dekat kepada hamba. Sebagaimana DIA sendiri telah berfirman:

“Dan jika hamba2Ku bertanya kepadamu tentang Aku ( hai muhammad ), katakanlah bahwa sesungguhnya Aku adalah dekat “( QS. Al-Baqarah; 216 ).



Maka berbahagialah wahai orang yang sedang sakit, karena Allah sayang padamu dan sakit itu adalah sebagian sebagai penggugur atas dosa-dosamu.



Penghormatan lain yang bisa kita dapatkan dari hadist tersebut adalah firman Allah: “ Tidakkah engkau tahu bahwa seandainya engkau menjenguknya, niscaya engkau mendapatiKU bersamanya”.



Subhanallah..Allah berada disisimu wahai orang sakit. Memuji orang yang menjengukmu dan mencela mereka yang enggan menjengukmu. Ini adalah penghormatan yang tak terhingga. Dan merupakan bukti bahwasanya engkau wahai orang sakit mempunyai kedudukan tinggi disisi Allah SWT. Adakah penghormatan yang lebih tinggi melebihi penghormatan yang didapat dari Allah?



Marilah kita telaah sekali lagi firman Allah: ”Aku sakit dan engkau tak menjengukKu..”. Lalu dilanjutkan dengan firmanNya “Tidakkah engkau tahu bahwa jika engkau menjenguknya, niscaya engkau akan mendapatiKU bersamanya ?”



Sebuah penghormatan besar yang tak terhingga. Allah telah menisbatkan sakitmu wahai orang sakit kepada diriNya, dan DIA kabarkan bahwa DIA berada disisimu. Ini adalah merupakan bukti keagunganmu disisi Allah. Sesungguhnya jika engkau ketahui hal ini wahai orang sakit, maka sudah barang tentu hal ini akan membahagiakanmu. InsaAllah amin.



Aku dedikasikan tulisan ini untuk semua saudara2ku seiman yang sedang sakit dimanapun engkau berada, baik yang sedang dirawat di rumah sakit maupun dirumah. Semoga Allah lekas memberimu kesembuhan, dan mengangkat penyakitmu dengan kesembuhan yg tiada rasa sakit sesudahnya. Allahumma Amin.



Barakallahufikum..semoga bermanfaat

Banyak sayang dan cinta,

Wassalamualaikum

No comments:

Post a Comment